Rabu, 18 Mei 2011

Doa Rosulullah di Akhirat

  Imam Muslim dalam Shohihnya meriwayatkan sebuah hadits dari Abdullah bin Amru bin Ash, dia berkata, Nabi Muhammad SAW pernah membaca firman Allah yang menyebutkan doa Nabi Ibrahim AS, yang artinya, "Ya Rabbiii... sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan manusia, maka siapa yang mengikutiku, sesungguhnya orang itu termasuk golonganku, dan barang siapa yang mendorhakaiku maka Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS Ibrahim; 36)
     Dan Nabi Muhammad SAW juga membaca doanya Nabi Isa AS, yang artinya, "Jika Engkau siksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau ampuni mereka, maka sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana" (QS Al-Maaidah; 118).
     Setelah itu, Nabi Muhammad SAW mengangkat kedua tangannya seraya berkata, "Allaahumma ummatii, ummati... Ya Allah ummatku....ummatku........" sejurus kemudian Nabi Muhammad SAW menangis tersedu-sedu lama sekali. Kemudian Allah Azza wa Jalla berfirman kepada  Jibril a.s, "Hai Jibril! Temuilah kekasih-Ku Muhammad SAW, dan sesungguhnya Tuhan-Mu Maha Tahu, tanyalah kepadanya, kenapa dia menangis?" Maka pergilah Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, menanyakan kenapa dia menangis. Nabi Muhammad SAW menceritakan kepada Jibril kenapa beliau menangis dan mengatakan, "Padahal Allah Maha Tahu, apa yang aku maksudkan". Maka firman Allah, "Hai Jibril! Pergilah kepada Muhammad SAW, dan katakan kepadanya, "Aku (Allah) akan memperkenankanmu membela ummatmu dan tidak mengecewakanmu"
     Permohonan Nabi Muhammad SAW kepada ummatnya itu kelak akan dipanjatkan di akhirat, seperti hadits yang diriwaytkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah pernah bersabda, "Setiap Nabi mempunyai doa yang segera didoakannya untuk menolong ummatnya, lalu doanya dikabulkan Allah. Tetapi aku, Insya Allah akan mengundurkan doaku itu untuk membela ummatku kelak di hari kiamat"
     Doa pembelaan Nabi Muhammad SAW di akhirat nanti  untuk semua ummatnya yang mati dengan tidak menyekutukan Allah sedikitpun, sebagaimana hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah ra, bahwa Nabi pernah bersabda, "Setiap Nabi mempunyai doa mustajab (doa yang pasti dikabulkan Allah). Karena itu, para nabi segera memanfaatkan doanya itu. Tetapi aku, akan kumanfaatkan nanti untuk membela ummatku di hari kiamat. Insya Allah doaku itu akan mencapai setiap ummatku yang mati dengan tidak menyekutukan Allah sedikitpun"
     Semoga kita semua diperkenankan Allah mati dalam Islam, bertaqwa dan beriman kepada-Nya dan tidak menyekutukan Dia dengan apa pun. Aammiin..............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar